Kuda Cerdas

Kuda Cerdas

Di daerah pegunungan Bromo sering kita jumpai penduduk asli yang menyewakan kudanya untuk wisatawan yang berkunjung ke situ. Seseorang dari mereka ternyata agak berbeda dengan penyewa-penyewa kuda yang lain. Dengan gayanya yang berbeda tersebut maka mudah baginya untuk mendapatkan wisatawan.

Seorang wisatawan yang tertarik akhirnya menemui dia. “Berapa Mas sewa kudanya”, “wah ini kuda special Pak tarifnya 15 menit Rp 50.000,-“ “apa specialnya ?”
“Kuda ini kalau mau jalan harus bilang Alhamdulillah trus supaya mau berlari lebih kencang lagi maka harus bilang Bismillah”, “Kalau mau berhenti bilang apa Mas?“ “Cukup bilang amin“

Setelah setuju dengan harga tersebut maka naiklah wisatawan itu. Begitu sudah siap dia mulai bilang Alhamdulillah agar kuda tersebut mulai jalan. Setelah berjalan beberapa saat kemudaian dia ingin supaya jalannya agak cepat.

Dia bilang Bismillah dan ternyata kuda tersebut mulai mempercepat jalannya dan mulai berlari. Setelah itu dia bilang amin dan ternyata kuda itu berhenti. Wisatawan tersebut puas menaiki kuda tersebut.

Setelah beberapa lama dia bilang Bismillah dan kuda itu mulai berlari pelan – pelan tapi lambat laut trus berlari kencang. Semakin kencang kuda itu berlari si wisatawan itu jadi takut tapi dia lupa mau bilang apa . Kuda tersebut semakin kencang berlarinya bahkan di depan terlihat jurang. Dia binggung untuk menghentikannya.

Menjelang jurang tersebut tiba-tiba dia ingat bagaimana cara menghentikan kuda tersebut. Dengan paniknya akhirnya dia teriak “amiiiiin” sambil menutup matanya karena udah sampai di bibir jurang dan ternyata kuda tersebut memang berhenti seketika itu juga dan si wisatawan tersebut tidak jadi jatuh ke jurang. Begitu dia selamat lalu membuka matanya kemudaian dia berucap “alhamdulillah” mendengar hal itu kudanya berjalan dan masuk jurang.