Keajaiban

Keajaiban

Di mana ada cinta yang besar, disitu pasti selalu ada keajaiban ( Willa Cather )

Menghadapi pandemi dari awal hingga hari ini sepertinya pendekatan dengan memberikan “cinta” yang besar kurang begitu tampak. Dibeberapa tulisan di media sosial ketika saya temukan tulisan – tulisan tentang pandemi ini dengan penuh cinta rasanya begitu menyejukkan.

Apakah pandemi ini ada keajaiban ? pasti ada. sayangnya banyak ceita kebinggungan, putus asa dan putus harapan lebih banyak yang tampil di depan. coba sedikit kita ubah “ceritanya”.

Pandemi ini jangan dijadikan kambing hitam atas berhentinya usaha kita. atau bisnis kita. Bukankah sudah sekian lama kita pernah diberikan kemudahan dan rejeki yang mengalir setiap bualn , setiap minggu, setiap hari ? bahkan ada yang diberikan meski pun dalam keadaan sedang tidur sekalipun Ada sebuah ungkapan yang menggambarkan bagaimana rejeki itu didapatkan dengan sangat mudah dan menyenangkan yang berbunyi

” bisnis jalan kita jalan-jalan”

dan ketika sekarang pandemi. bisnis tidak berjalan dan kita pun juga tidak bisa jalan-jalan apa reaksi kita ? kalau pada saat semua berjalan dengan lancar kita mungkin bersyukur, tetapi terkadang bersyukur pun dengan sambil lalu ( kalau ingat ) dan kalau saat ini kita diminta untuk bersabar …….eh ada yang bertanya “Sampai kapan ?”

Kalau pandemi ini disikapi seperti orang yang terburu-buru maka kekhawatiran dan kebinggungan pasti akan hadir disetiap tarikan nafas. tetapi kalau disikapi dengan lebih baik, dengan tetap memiliki harapan, dengan terus berdoa, dengan terus berfikir terbuka insya allah segala yang sulit akan kita bisa lewati dengan lebih baik.

Keajaiban itu akan hadir. kalau kita percaya. bahkan di saat pandemi ini pun banyak keajaiban yang hadir kalau kita mau mencarinya. Sulit rasanya kalau keajaiban hanya diberi arti ” bisnis yang berjalan” atau ” uang yang mengalir”.

Badan sehat adalah juga keajaiban. kebersamaan dengan keluarga adalah keajaiban. Bisa bertegur sapa dengan sahabat adalah keajaiban. Bisa telephone orang tua adalah keajaiban. Membantu bisnis teman adalah keajaiban. Menemani belajar putra putri kita adalah keajiban, masih mempunyai semangat & harapan di masa depan adalah juga keajaiban.

Alhamdulillah