menjelang outbound ( lagi )

menjelang outbound ( lagi )

Selama pandemi kegiatan outbound sepertinya sedang “tiarap”. kegiatan outbound dimana-mana jadi terhenti. Seketika dan mendadak. Para pelaku outbound banyak yang tidak mengira dengan adanya pandemi berakibat hingga separah ini.

Bagi yang mempunyai cadangan dana mungkin masih sedikit bisa bernafas lega. Bagi yang tidak siap bisa berarti sebuah kiamat kecil. Setiap sabtu minggu paling tidak ada pemasukan yang lumayan. Lalu tiba-tiba di kedua hari itu nol pendapatan.

Diawal -awal pandemi mungkin masih ada sisa-sisa “tenaga” untuk bertahan. tetapi dengan terus bepanjangnya waktu pandemi maka segalanya jadi seperti diluar kendali. kehidupan seperti semakin susah. Bahkan ada beberapa pelaku outbound yang menganggap masa depan sudah tiada.

Ada beberapa pelauk outbound yang mencoba bertahan. Ada yang mulai jualan on line. ada yang jualan secara off line. ada juga yang jualan on line dan off line. diawal masih terlihat semangat menawarkan dagangannya. Tetapi semakin hari satu per satu pada bertumbangan. Hanya satu dua yang masih tegar bertahan.

Alhamdulillah akhir-akhir ini walaupun pandemi masih tegar berdiri tetapi kegiatan outbound mulai satu per satu menunjukkan jati diri. Ada beberapa klien yang sudah masuk. ada kegiatan “tipis-tipis” yang sudah mulai berjalan. Paling tidak harapan itu mulai muncul. dan hal itu juga disambut dengan suka cita para pelaku outbound.

semoga ini merupakan awal yang baik untuk bangkitnya kembali kegiatan outbound di negeri ini. Outbound adalah bagian dari hidupnya teman-teman fasilitator, game master dan LTS. apalagi para pemlik profider. Semoga kegiatan outbound kembali bergairah lagi. Senyum dan tawa serta berbagi keceriaan semoga segera hadir kembali.

Outbound adalah salah satu yang membuat negeri ini ceria dan suka cita.