Bekal uji kompetensi 1

Bekal uji kompetensi 1

Uji Kompetensi ( UKOM ) sebuah profesi saat ini sangat penting. Berbagai profesi mulai mencoba untuk memberikan informasi dan mengajak para anggota organisasinya untuk melakukannnya. Tidak terkecuali untuk profesi dalam bidang outbound / experiential learning.

apa bekal yang harus dipersiapkan untuk menghadaqpi uji kompetensi tersebut ? ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh para calon asesi ( orang yang akan di ases oleh asesor )

  1. Tanggung jawab bukan kesombongan. Karena apalah arti sebuah lembar sertivikat yang mencantumkan kata “kompeten ” kalau pada kenyataan di lapangan dan kehidupan, masyarakat mengatakannya bahwa Anda ternyata “tidak kompeten”. Seseorang yang menuntut ilmu itu menurut Umar Bin Khatab melalui tiga tahapan. Jika ia baru sampai pada tahap pertama maka dia akan menjdai sombong. Jika ia melanjutkan ke tahap ke dua maka dia akan rendah hati. Dan jika dia melanjutkan ke tahap ke -3 maka dia akan merasa bahwa dirinya tidak ada apa-apanya. Dia lebih dekat pada Tuhannya Yang Maha Tahu.

mungkin hal tersebut bisa menjadi bahan renungan. Karena sertifikaso adalah sebuah proses awal bukan proses akhir dari seseorang yang mengaku berprofesi dan bagaimana dia bisa menjalankan profesinya dengan baik.

Bagaimana dengan yang ke 2 ? tunggu tulisan berikutnya ya

Terima kasih