Permainan outbound

Permainan outbound

Outbound itu sepertinya identik dengan permainan atau game. Berbagai permainan di dalam kegiatan outbound sepertinya banyak sekali. Tetapi apakah outbound harus dengan menggunakan game atau permainan saja ? apakah outbound tanpa permainan bisa juga dilakukan ?

Sebetulnya permainan atau game itu merupakan salah satu alat untuk mencapai tujuan yang diharapkan dari kegiata outbound. Jadi sebetulnya ada alat yang lainnya untuk kegiatan outbound. Banyak sekali pastinya. Misalnya melakukan kegiatan tracking. Memasak. Membatik. Mengambil foto atau membuat video. Melukis. Membuat puisi dll. Yang paling penting swtelah melakukan aktivitas tersebut ada semacam sharing pengalaman.

Sharing tentang pengalaman itu sebetulnya “nyawanya” outbound. Sering hhal itu dipakai istilah melakukan fasilitasi. Mendapatkan dan merasakan pengalaman pribadi dan langsung merupakan cara belajar yang paling “hebat”. Tidak terbantahkan lagi karena peserta mengalaminya sendiri, Merasakannya langsung.

Permainan atau game memang seperti menjadi “idola”. Manusia adalah makhluk yang suka bermain. Dan ini sepertinya tidak mengenal usia. Semua akan gembira mana kala diajak bermaian atau ikut dalam sebuah permainan.

Jadi sekali lagi apakah outbound itu bisa dilakukan tanpa permaianan atau game ? jawabannya adalah sangat bisa sekali