Outbound dan kebebasan

Outbound dan kebebasan

Saya tertarik dengan pendapat Albert Camus temtang arti kata bebas. Beliau mengatakan bebas itu artinya apa yang kita lakukan dan inginkan itu berada dalam kontrol diri kita sendiri. Bukan orang lain. Gampangnya kalau pada saat hujan orang lain ingin minum kopi tetapi kamu ingin minum teh …ya kamu tetap milih pesan teh. Kalau pada saat sarapan pagi kalau yang lainnya ingin bubur ayam tetapi ada pilihan lain dan kamu milih sarapan nasi uduk…ya kamu pilih nasi uduk : )

Di dalam outbound kebebasan di dalam melihat dan merasakan setelah melakukan kegiatan atau aktivitas itu sangat dihargai. Pendapat pribadi tentang pengalaman yang telah dilakukan itu sangat dihargai. Kenapa ? karena dia yang merasakannya langsung. Bisa jadi “rasa” nya berbeda dengan ketua kelompoknya. Bisa juga berbeda dengan semua teman dalam kelompoknya tetapi kalau itu yang benar yang dirasakan maka itulah yang sebenarnya belajar dari pengalaman.

Outbound dari sisi itu rasanya jarang sekali di bahas. Menyinggung tentang “kebebasan” di dalam outbound sepertinya menarik. Kenapa ? karena disitulah kita bisa belajr juga menghargai pengalaman dan pendapat orang lain. Se-berbedanya pendapat kita dengan orang lain itu sah -sah saja. asalkan itulah yang memang yang dirasakan yang sebenarnya oleh kitaOutbound seakan mengingatkan bahwa kita juga harus tahu apa yang kita inginkan dan bagaimana kita mengontrolnya. Ssatu sisi dari outbound. Memang akan lain ceritanya ketika nanti membahas tentang TEAM.

semoga bermanfaat