Berhasil itu sebuah jalan

Berhasil itu sebuah jalan

 Malcolm Gladwell dalam bukunya : Outliers (orang-orang yang sangat luar biasa). Menurutnya untuk berhasil itu ada caranya. Ada jalannya. Pendapat beliau ini menarik untuk diketahui. Tidak terkecuali oleh teman-teman fasilitator outbound. Fasilitator outbound sebagai sebuah profesi tentunya juga perlu untuk terus meng up date informasi. salah satunya tentang hal ini

Menurut Malcolm Gladwell langkah yang pertamanya adalah berlatih atau praktek minimal 10.000 jam. Kegiatan outbound yang paling singkat mungkin sekitar 2 jam dan yang paling lama saat ini sekitar 3 hari dua malam. Saya dulu pernah melakukan selama 1 bulan. Dari situ bisa juga tahu berapa lama kita harus mempersiapkan diri dan berapa lama kita praktek langsung. Untuk bisa meningkatkan kompetensi dalam bidang outbound tentunya teman-teman fasilitator outbound bisa berlatih, mengevaluasi dan berlatih terus

yang kedua disebutkan dengan kalimat kesempatan yang sangat menguntungkan. apa ini maksudnya ? maksudnya kalau tean-teman fasilitator outbound saat ini selalu terhubung dengan komunitas outbound. Lalu bisa sharng dan belajar bersama. hal itu lebih memungkinkan berhasil dengan fasilitator outbpund lainnya yang hanya mengurung diri. merasa dirinya tahu segalanya. Lingkungan yang bagus adalah kesempatan yang bagus untuk berkembang.

Saat ini memang sedang terjadi pandemi dimana kegiatan outbund sangat sedikit sekali atau sedang melambat. Beberapa teman-teman fasilitator outbound mulai putus asa dan terputus dari kegiatan outbound itu sendiri. Sebetulnya kalau kemudian ada kegiatan lain dalam rangka untuk survival tidak mengapa tetapi jangan sampai semangat belajar dan terhubung dengan teman-teman fasilitator outbound yang lain jangan terputus atau terhenti.

lalu apa yang ketiga ? yang ketiga dilanjutkan di artikel selanjutnya ya. Pasti lebih seru. Ok teman-teman pembaca outbounditu.com umumnya dan teman-teman fasilitator outbound pada khususnya semoga tetap sehat dan semangat. Dan selalu ingat karena ini masih pandemi jadi ikuti selalu protokol 3M. Memakai masker. Menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. Selain itu tetap berfikir positif dan gembira.

terima kasih. Salam outbound