Berhasil itu

Berhasil itu

Kita lanjutkan lagi bahasan tentang bagaimana “jalan” sebuah keberhasilan menurut Malcom Gladwel. Kalau kemaren pembaca dan teman-teman fasilitator outbound sudah mendapatkan 2 hal. Sekarang apa yang ke 3 tipsnya

Warisan budaya adalah yang ke 3 nya. maksudnya apa ini ? fenomena budaya ini berpengaruh. Kalau di dalam contoh bukunya diambil tentang kehidupan seorang petani di Cina atau sebetulnya di negara-negara tropis. Menanam padi hingga menghasilkan padi adalah sebuah proses yang panjang dan dituntut ketekunan dan kesabaran. Mulai dari mengolah tanam. merawat tanaman . menjaga supaya tidak terkena hama dan penyakit hingga memanennya. Hal itu pasti beda dengan negara -negara di Eropa yang mengenal 4 musim.

Fenomena budaya tersebut ternyata mempengaruhi kesungunguhan seseorang dalam mengapai keberhasilannya. Sebetulnya bisa juga dimulai lingkup keluarga. bagaimana nilai nilai yang diajarkan orang tua. lalu juga budaya daerah. Orang jawa ada nilai tertentu yang dimilikinya. Orang Bali, orang sunda dll juga sama. jadi seorang fasilitator outbound yang kebanyakan “jadi” karena salah satunya tidak ada pilihan lain sebetulnya rentan. Tetapi dari berjalannya waktu hal itu bisa ditingkatkan apabila “budaya” dari lingkungan di profesi tersebut mendukungnya. Makanya saya mencoba untuk meningkatkan nilai literasi teman-teman fasiliatator outbound pada khususnya. Kalau budaya membaca misalnya sudah “melekat di profesi ini maka hal itu akan menjadi “jalan baru” untuk memudahkan membantu mencapai keberhasilan.

Fenomena menarik adalah saat pandemi ini . Apakah profesi sebagai seorang fasilitator outbound mempunyai jiwa yang tangguh ? mempunyai semangat pantang meneyerah dan penuh dengan ide kreatif ? selama ini hal itu sering sekali dikatakan dalam setiap kegiatan outbound. Tetapi apakah sudah menjadi sebuah sikap ? rasa-rasanya belum. Tidak mengapa karena ini menjadi sebuah pelajaran yang menarik. Masih ada waktu untuk berbenah diri.

Semakin menarik sepertinya . Lalu apa yang ke 4 dan ke 5 ? sepertinya lebih enakan di artikel berikutnya ya . Oke tetap sehat dan semangat dan ingat lakukan 3 M. Memakai masker. Menjaga jarak dan mencucu tangan pakai sabun.

Salam outbound.