outbound itu seperti jembatan

outbound itu seperti jembatan

Outbound itu seperti jembatan. Khususnya jembatan yang menghubungkan antara belajar yang biasanya dilakukan di dalam ruangan dengan belajar di luar ruangan. Outbound mungkin diidentikan dengan belajar di luar ruangan walaupun peryataan tersebut tidak sepenuhnya benar.

outbound mungkin lebih tepat diartikan belajar dari pengalaman. Peryataan tersebut sedikit lebih mewakili . Jadi outbound bisa dilakukan di dalam ruangan atau di luar ruangan. karena esensinya lebih kepada sebuah aktivitas yang dilakukan dalam belajar lalu dilakukan untuk “melihat kembali” aktivitas yang telah dilakukan tersebut. lalu diambil “pelajaran ” dari apa yang telah dilakukan tersebut.

outbound sebagai jembatan antara ke dua hal diatas sepertinya tepat karena seringkali kita butuh “jembatan” untuk memudahan “perpindahan” pemikiran dari satu hal ke hal lain. Jembatan sifatnya lebih memudahkan perpindahan dan selanjutnya ke pemahaman.

Outbound saat ini sudah mulai dikenal oleh masyarakat luas tetapi outbound masih perlu terus untuk ditingkatkan lagi pemahamannya karena masih banyak hal yang belum dipahami oleh masyarakat. Ditulisan-tulisan selanjutnya saya coba akan membahas hal tersebut.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Salam outbound