Permainan Outbound

Permainan Outbound

Tidak bisa dipungkiri bahwa outbound salah satu “kekuatannya” adalah di faktor permainan atau game. Outbound tanpa permainan atau game seperti sayur tanpa garam. Bagaikan musik dangdut tanpa gendang : ) Yang lebih menarik lagi ada banyak sekali permainan dalam aktivitas outbound. Saya coba bahas sedikit tentang hal tersebut ya.

Diawal masyarakat mengenal outbound dari permainan flying fox atau rubah terbang. bahkan ada suatu masa dimana masyarakat mengatakan outbound tanpa flying fox bukanlah outbound yang hakiki : ) setelah era flying fox lalu muncul permainan yang lebih dengan dengan istilah ice breakingt. Apapun jenis permainan yang bisa membuat tertawa maka dia berhak mendapatkan sebutan ice breaking. Padahal hal itu tidak sepenuhnya benar tetapi begitulah “pasar” menterjemahkannya.

Setelah era itu berbagai jenis permainan dengan sebuatan team building mulai bermunculan. Berbagai alat kreatif diciptakan oleh teman-teman komunitas outbound. Ada yang dengan biaya murah hingga sangat mahal. Dari bahan yang sederhana hingga yang sangat susah dibuatnya.

lalu muncul permainan outbound yang lebih “seru” lagi. Seperti paintball , archey dll. Dan permainan outbound tersebut akan terus berkembang dan bertambah menyesuaikan dengan kebituhan dan trend.

Selain itu ada juga permainan yang tanpa menggunakan alat sama sekali yang serunya tidak kalah bila dibenadingkan dengan permaian yang mengunakan alat. Dengan membuat variasi tepuk tangan, bernyanyi atau dengan semacam menari yang bisa membuat suasana jadi “pecah”.

Selama pandemi pastinya tidak semua permainan itu bisa dimainkan. Kalaupun dimainkan juga ada beberapa penyesuaian. Ya pandemi membuat teman-teman fasilitator outbound mulai berfikir keras untuk mencoba menyesuaikan dengan keadaan.

Permainan adalah alat untuk membuat semua orang bisa melakukan aktivitas yang nantinya bisa diambil “pengalaman”. Pegalaman berhasil atau kurang berhasil dalam melakukannya adalah salah satu pintu masuk untuk melakukan refleksi dalam kegiatan outbound.

ok. semoga bermanfaat. Lain waktu saya akan coba bahas lagi tentang permainan outbound yang lebih seru lagi. Mari tetap jaga kesehatan dengan mematuh protokol yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.

Semoga bermanfaat. Salam outbound.