Outbound,mancakrida dan EL

Outbound,mancakrida dan EL

Judul di atas seperti tiga serangkai. Outbound, mancakrida dan Experiantial Learning atau El adalah satu istilah dalam satu “tarikan nafas “. Satu makna esensinya tetapi masih berbeda-beda persepsinya.

Istilah outbound ketika muncul pertama seperti karena orang Indonesia kesulitan untuk mengucapkan outward bound. Coba saja kalau tidak percaya lebih mudah mengucapkan outbound atau outward bound. Kata yang kedua rasanya lidahnya agaka keselipkan ketika mengucapkannya : )

ketika kemudian menjadi outbound atau otbond atau out bond rasanya lebih mudah. Begitulah salah satu versi cerita munculnya istilah outbound. Lalu masyarakat seakan menerimanya karena kata outbound banyak dipakai dimana-mana terutama di tempat-tempat wisata seiring dengan bergesernya kegiatan outbound yang awalnya dominan untuk pemberdayaan SDM menjadi lebih ke wisata atau rekreasional.

Setelah outbound muncuk kata yang lebih “internasional” yaitu EL atau Experiantial Learning. Kata ini karena kesannya lebih luar negeri jadi seperti sedikit “merasa” jumawa. Diawal orang outbound tidak mau disebut EL karena kesannya terlalu “akademis” sedangkan orang EL tidak mau disamakan dengan outbound karena seperti beda “kasta”.

Bahkan asosiasi belajar dengan metode luar ruangan menggunakan istilah EL daripada outbound yaitu Asosiasi Experiantial Learning Indonesia. Asosiasi merupakan kata serapan baku tetapi kata Experiantial Learning masih menggunakan kata asing. Itu biasa kalau di negeri ini. Dan sampai hari ini yang berbau asing kan sepertinya lebih punya gengsi.

Lalu bagaimana dengan mancakrida ? kata ini mungkin masih asing ditelingga kita bahkan kemaren ada salah satu teman senior fasilitator outbound yang baru mendengar dan tahu istlah mancakrida tersebut. Kata mancakrida sebetulnya merupakan bahasa yang “resmi” untuk mengistilahkan outbound atau EL. Tetapi masalhnya istilah mancakrida masih belum begitu akrab ditelingga masyarakat Indonesia.

Sekarang bagaimana ? mau pakai istilah outbound ? Experiantial learnind ? atau mancakrida ? silahkan pilih sendiri mana yang enak. kalau ada yang bertanya tinggal diberikan penjelasannya. Sambil tetapi melakukan edukasi tentang tujuan dan makna dari kegiatan tersebut serta manfaatnya.

semoga bermanfaat.

Salam outbound