Training motivasi apakah penting ?

Training motivasi apakah penting ?

Kemaren saya sempatkan lagi searching di youTube tentang training motivasi. Topiknya geser dikit bukan tentang outbound ya. Saya lihat lebih dari puluhan video training motivasi tersebut. Sangat menarik dan pastinya sangat memotivasi.

Dan caranya memotivasi para motivator, begitu kalau tidka salah sebutannya, bermacam-macam. Ada yang penuh humor dan tertawa sehingga suasana jadi segar. Ada yang kalem tetapi dalem. Ada yang ramai bahkan dengan musik dan teriak -teriak khas motivator yes..yes…..begitulah.

Kalau dicermati ada pola yang sama. Teman-teman motivator itu memberikan contoh public speaking yang sangat Percaya diri. Bahkan ada beberapa yang terlihat sangat yakin. Over confidence. Sepertinya tidak ada yang benar-benar mustahil di dunia ini. ingat kalimat yang sangat sakti impossible diubah menjadi I am posible.

Mereka ketika berhadapan dengan siapapun. siswa sekolah hingga petinggi sebuah kementrian begitu sangat PD. Memberikan teori tentang suatu hal dengan sangat yakin. Berteriak dengan sangat yakin dan bahkan terkadang “melarang” sesuatu juga dengan sangat yakin. Dan meyakinkan. Saya kadang mebayangkan motivator itu seperti manusia tanpa cela. Manusia yang tidak pernah “tidur”. Bangun terus. Manusia yang tidak mengenal kata ” No”. Luar biasa…..itulah sebuah kata wajib yang sering diucapkan oleh mereka.

Pasar silakan memilih mau training motivasi dengn motivator yang mana ? tingga disesuaikan dengan selera dan budget-nya : )

Lebih dari 10 tahun saya pun juga sering diminta untuk mengisi materi motivasi selain materi tentang soft skill. Ini hanya masalh gaya saja. Dari awal saya menyukai teknik story telling. Nggak tahu kenapa karena dengan bercerita rasanya lebih nyaman. Selain itu juga seneng dengan membuat semacam perumpamaan atau metafora. Biar lebih mudah dipahami oleh semua kalangan. Kalaupun ada teori yang harus disertakan biasanya saya berikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Training motivasi di saat pandemi ini bagaimana ? Harus nya banyak orang yang butuh, Perusahaan juga butuh, Bhakan salah seorang teman mengatakan seorang motivator pun juga butuh : )

Training motivasi itu kenyataanya masih ada dan masih dibutuhkan. Motivator -motivator juga masih bermunculan ” setiap hari” Entah kenapa. Tetapi alangkah lebih bijaksana kalau ingin mengadakan training motivasi cari yang lebih realistis. Semangat boleh tapi jangan terlalu. Kalau terlalu nanti hal itu begitu terasa ketika di ruangan saja. Begitu keluar ruangan training kembali “galau” seperti semula.

Semoga bermanfaat.

Salam motivasi dan salam outbound