Outbound dan motivasi

Outbound dan motivasi

Apakah outbound bisa membangkitkan motivasi seseorang ? jawaban yang tepatnya adalah tergantung. Karena tidak setiap kegiatan outbound bisa membuat seseorang termotivasi juga. Beberapa kasus saya pernah melihatnya sendiri. Tentunya tidak banyak .

Sebagian besar kegiatan membuat orang menjadi lebih termotivasi. Pertanyaan selanjutnya adalah berapa lama motivasi tersebut bisa bertahan ? satu minggu ? satu bulan ? atau bahkan hanya satu hari saja ? di dalam buku “outbound itu menyesatkan” yang saya tulis paling lama motivasi karena “pengaruh” dari kegiatan outbound itu 3 bulan. Dari situ lalu kami mendapatkan ide untuk membuat program lanjutan. semacam program refreshing setiap 3 bulan dan 6 bulan setelah melakukan kegiatan outbound.

Bagaimana dengan motivasi para fasilitator outbound itu sendiri ? Mungkin dorongan pertama kalau dikaitkan dengan “bisnis” ( baca artikel saya sebelumnya ) bisa jadi akan selalu muncul apabila ada kegiatan outbound. Semakin tidak ada kegiatan outbound maka efek tidak termotivasinya semakin besar. Bayangkan di masa pandemi ini. Hampir setiap sabtu dan minggu ( minimal ) teman-teman fasilitator outbound selalu “tampil” dan ketikat pandemi menerpa kegiatan outbound hampir “hilang”. Sepi. dan efeknya luar biasa bagi teman-teman fasilitator outbound. Mereka sebagian besar jadi “terpukul” tetapi ada yang tetap survive. Tidak banyak jumlahnya.

Bagi yang terus berusaha pastinya akan selalu ada jalannya. Motivasi yang utama saat pandemi pastinya untuk beisa bertahan terlebih dahulu. Tetapi bagi yang “hati” nya sudah di profesi ini pastinya tetap tidak bisa meninggalkannya. Mungkin berbeda saja bentuk aktivitasnya tetapi makna sesungguhnya outbound salah satunya bisa belajar dari apa yang dilakukannya akan terus berlanjut.

Motivasi di saat pandemi saat ini sangat diperlukan. Sebuah kota atau kabupeten bisa saja memberlakukan lockdown tetapi motivasi seseorang jangan sampai lockdown. Motivasi untuk bisa berbagi dari apa yang kita punya. Motivasi untuk bangkit dari harapan yang belum kesampaian adalah energi yang mebuat seseorang terus berkarya dan memberikan manfaat.

Semoga kita semua bisa terus berkarya yang terbaik. Walaupun saat ini sedang pandemi.

Semoga bermanfaat. Tetap jaga protokol kesehatan ya. Memakai masker. Menjaga jarak dan mencuci tangan memakai sabun.

Salam outbound.