Outbound offroad

Outbound offroad

Outbound offroad itu apa lagi ? inilah yang sering saya singgung dalam beberapa tulisan kemaren bahwa outbound memang bisa “sangat luas” aktifitasnya. Bukan hanya game atau permainan saja. Dan salah satunya adalah outbound offroad ini. Apa itu outbound offroad ? jawaban paling gampangnya adalah melakukan kegiatan dengan menggunakan mobil dengan jenis mobilnya bisa macam-macam tergantung dari jalan atau jalur yang akan dilewati. Karena ada kata offroad biasanya jalan yang dilalui juga “spesial”

Memang kalau sudah mendengar kata offroad langsung terbayang jalan yang sangat “ekstrim” . Berlumpur. kadan juga berair. kemudian dengan tanjakan dan turunan yang seru sehingga bisa membawa sensasi tersendiri bagi yang mengikutinya.

Bagi teman-teman yang belum pernah merasakannya pastinya akan mendapatkan pengalaman baru yang luar biasa. Mungkin agak sedikit kotor dan jalannya tidak seperti melintas di jalan tol. Justru itulah sensasinya.

Biasanya outbound offroad dengan menggunakan mobil jenis tertentu. Mobil offroad biasa didefinisikan untuk mobil yang digunakan untuk medan yang tidak beraspal. Medan yang dilalui bisa sungai, sawah . Perbukitan dan pegunungan. Biasanya peserta memang hanya sebagai penumpang saja, sedangkan driver-nya sudah disediakan oleh profider outbound. Tentunya yang sudah sangat berpengalaman dalam mengemudikan dan mengendalikan mobil jenis offroad tersebut.

Sebetulnya banyak hal yang bisa di “ungkap” dalam kegiatan outbound offroad ini. Walauapun kalau dalam bahasa generasi Experiatial Learning ( EL ) dengan menggunakan generasi pertama lets the mountain speak themselves sudah cukup. Karena pengalaman yang didapatkannya akan bisa “bisa bercerita sendiri”. Terutama bagi yang baru pertama kali mengikutinya.

Ada peserta outbound offroad yang langsung ketagihan dan ingin lagi tetapi ada juga yang bialng”cukup sekali saja” . Pastinya dengan berbagai alasan dari pengalaman yang telah dirasakannya.

Beberapa yang mungkin perlu dicermati untuk sebagai bahan sharing adalah. Setiap perjalanan ada awal dan ada akhir. ini menarik untuk menjadi bahan diskusi. Dan dalam perjalanan tidak semua jalan mulus dan lurus. Seringkali ada jalan naik dan turun. bahkan tidak jarang dalam perjalan selain ada masalah di mobil, di jalan juga bisa jadi di orangnya.

Lalu bagaimana sikap sebagai orang yang “dibawa” karena peserta dalam outbound offroad hanya “duduk manis”. sikap apa yang harus dilakukan. Apakah hanya diam saja. atau juga perlu bertanya kearah mana dan tantangannya apa ? Selama perjalanan peserta juga bisa belajar tentang apa itu arti “sebuah pegangan”. Dalam perjalanan dengan menggunaan mobil offroad bagaimana kalau tidak berpegangan sama sekali ? pastinya akan sangat kesulitan dan terombang-ambing bahkan ada bagian tubuh bisa terbentur benda lain. Bahasan tentang pegangan itu lebih menarik lagi kalau dikaitkan dengan sesuatu yang lebih dalam lagi misalnya tentang masalah spritual.

Outbound offroad saat ini sudah sangat berkembang dimana-mana. Berbagai paket outbound offroad yang ditawarkan juga bermacam-macam. Outbound offroad tentunya akan bisa “menjangkau” lebih jauh apabila setelah melakukannya ada semacam diskusi yang terarah dan terbuka sehingga nilai pengalaman setiap peserta bisa menjadi pelajaran bagi peserta lainnya. Pastinya hal ini perlu didukung dengan team fasilitator outboud yang mumpuni dan kompeten.

Semoga bermanfaat. Kembali lagi saya mengingatkan mari tetap kita ikuti protokol kesehatan. Memakai masker. Menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. Semoga kita dan keluarga sehat selalu dan selalu sehat. amiiin.

Salam outbound.