Nilai-nilai outbound

Nilai-nilai outbound

Di status fb saya Agoes susuli jp kemaren saya menuliskan tentang bagaimana saya berkomitmen atau ber “istiqomah” untuk menyempatkan waktu setiap hari menulis artikel di web ini.

Ini merupakan tantangan tersendiri bagi saya. Ya saya memang sudah terbiasa menulis. Tetapi untuk setiap hari membuar atrikel ini baru pertama kali. Kebetulan medianya sudah ada dan caraya sudah bisa jadi saya coba . Bismillah.

Alhamdulillah ini sudah hampir satu minggu saya menulis artikel. Sebagian besar memang berisi tulisan tentang outbound. Karena memang saya suka dengan tema outbound. Selain itu juga itung-itung bisa ikut berkonstribusi dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang outbound itu sendiri.

Apakah upaya saya nantinya ada pengaruhnya terhadap perkembangan dunia outbound di negeri ini ? pertanyaan tersebut saya jawab dengan sebuah cerita fabel yang dulu pernah diajarkan oleh salah satu guru saya. Ketika seekor burung kecil mendengar berita bahwa besok langit akan runtuh. Maka burung tersebut langsung tidur telentang di sebuah lapangan dengan kedua kakinya diangkat menghadap ke langit.

Setelah beberapa saat ada seekor gajah yang bertubuh besar lewat dan heran melihat cara tidur burung tersebut . Lalu dia bertanya ” hai burung kecil apa yang sedang kamu lakukan ?” ” burung kecil itu lalu menjawab ” supaya besok pagi langit tidak jadi runtuh ” . Mendengar jawaban itu sang gajah tertawa. “memang kakimu yang kecil itu mampu menahan runtuhnya langit ? ” tanya gajah tersebut sambil terus tertawa.

” Paling tidak aku bisa melakukan apa yang bisa aku lakukan” jawab burung kecil itu. Ya. seringkali kita sudah merasa apa yang kita lakukan terlalu kecil dan mungkin tidak ada pengaruhnya. Tetapi yakinlah apa yang kita lakukan itu pasti ada pengaruhnya. Kita berdoa yang terbaik untuk negeri ini mungkin ada yang merasa buat apa ? tapi yakinlah apabila Tuhan memperkenankan doa “kecil” kita insya allah akan dikabulkan.

Salah satu yang bisa saya lakukan untuk berkonstribusi pada kemajuan dunia outbound adalah dengan cara membuat tulisan seperti ini. Saya juga tidak tahu apakah tulisan yang saya buat selama ini. Buku yang saya tulis dan terbitkan selama ini ada pengaruhnya ? saya tidak tahu. Saya hanya punya semangat yang sama dengan burung kecil itu. Itu saja.

Itu juga bagian dari nilai-nilai outbound yang selama ini saya dapatkan sebetulnya. Outbound banyak sekali mengajarkan kepada saya bagaimana harus berbuat ke depan lebih baik. Itu salah satunya.

Semoga cerita saya bermanfaat. Ok. saya kembali mengingatkan untuk mari kita sama-sama mematuhu protokol kesehatan ya. Memakai masker. menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.

salam outbound.