Outbound dan tahun baru

Outbound dan tahun baru

“Write it on your heart that every day is the best day in the year.” — Ralph Waldo Emerson

Tahun baru 2021 sudah datang. Setiap pergantian tahun sering kali setiap orang mencanangkan “gerakan” resolusi. Ini menarik pastinya. Semenarik apa yang dicanangkan biasanya “hanya” dicanangkan saja : ) jadi semacam gerakan ikut-ikutan. Di dalam outbound sebetulnya ada pelajaran yang menarik. Agar supaya itu tidak hanya menjadi sesuatu yang dicanangkan saja.

Memang di dalam outbound ada sebuah aktivitas yang mendahuluinya. setelah itu ada sebuah fase untuk melakukan semacam refelksi. Ada hingga tiga hal yang dilakukian di dalam outbound untuk melakukannya sebelum melakukan “resolusi” tadi.

Tiga hal tersebut adalah melakukan recall, remember dan review. Lengkap cadas kan : ) itulah yang harus dilakukan terlebih dahulu. Kita seakan “memanggil” kembali apa yang telah kita lakukan. namanya juga memanggil maka harus jelas dan “terdengar” apayang kita panggil tersebut.

Setelah itu beretemu lalu kita ingat-ingat dengan baik apa yang teah kita lakukan. Lalu semacam melakukan assesment. Bahkan rapid assesment saja tidak disarankan. Kalau dimanajemen bisa dengan menggunakan “semacam” metode SWOT. prinsipnya oh ini yang terjadi. Apakah prosesnya sudah dilakukan dengan baik atau belum. Kalau belum diperbaiki. Mana yang diperbaiki. Persiapannya. saat melaksanakan. strateginya atau yang lain.

Setelah itu kita lihat hasilnya bagaimana ? sesuai harapan atau belum. Kalau sudah tercapai apa yang dilakukan selanjutnya. Kalau belum apa yang menjadi penyebabnya ya ? Lalu lihat dampaknya. Baik kepada diri kita sendiri. Kepada kelompok kita dan kepada linglungan sekitar kita.

Setelah itu baru kita coba menyusun apa langkah-langkah persiapan untuk melakasanakan aktivitas selanjutnya. Karena kaitannya dengan tahun baru yaitu mempersiapakan apa saja aktivitas di tahun 2021 ini.

Di dalam outbound sebetulnya panduannya “lengkap”. Tinggal menyesuaikan saja. Outbound memberikan semacam alat. Tetapi lebih dari itu outbound meletakkan dasar bahwa apa yang telah kita lakukan pasti “ada sesuatu” dibaliknya. Kita lalu bertanya apa yang telah terjadi. Apabila kurang baik tidak diulangi lagi. Kalau sudah baik bagaimana mempertahankan dan meningkatkannya.

Di dalam outbound diajarkan bahwa kedepan adalah sesuatu yang lebih baik dibandingkan kemaren. Itu mungkin yang perlu disadari oleh teman-teman fasilitator outbound dan para penggiat outbound.

Ok selamat tahun baru 2021 semoga lebih barokah. Dan mari kita mulai tahun baru 2021 ini dengan menyebut dan menyertakan nama Tuhan agar kita selalu terjaga dan terhubung dangan Tuhan dimanapun kita berada. Bismillah.

Oya tetap lakukan protokol kesehatan ya. Memakai masker. Menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.

Semoga bermanfaat.

Salam outbound