Outbound itu berprilaku baik

Outbound itu berprilaku baik

Dalam ilmu apapun, termasuk ilmu tentang outbound, sebetulnya yang diajarkan adalah kebaikan. Kebaikan yang bisa membuat hidup kita menjadi lebih baik. Kalaupun ada orang yang menggunakan untuki hal yang baik mungkin orang tersebut sebetulnya belum “duduk” ilmunya

Mungkin artikel kali ini akan membahas hal tersebut. Harapan saya materi ini bermanfaat dan bisa mengisnpirasi kita untuk mulai hal-hal yang baik di tahun 2021 ini.

Ada 4 hal yg membuat manusia menjadi sombong. Sombong adalah satu sifat yang paling di benci oleh Tuhan. Konon kalau ada seorang manusia yang punya rasa sombong sedikitpun maka dia tidak “berhak” menjadi penghuni sorga. Apa saja penyebab sifat sombong yang perlu kita jauhi tersebut.

1. Bertambahnya Harta benda, Pangkat, Jabatan dan sebagainya. sehingga orang tersebut memandang sebelah mata org yg miskin, merendahakan rakyat biasa dan seenaknya memeras orang rakyat biasa. Memandang sebelah mata itu bisa saja dilakukan dengan ucapannya. Memamerkan kekayaannya atau yang lain yang bermaksud “menyinggung” orang lain tersebut.

2. Bertambahnya Ilmu sehingga merasa dirinyalah yg paling pintar dan menganggap semua org bodoh. Inilah sombong yang kadang tidak terasa. Melihat orang yang tidak punya gelar lalu menggangapnya “anak kemaren sore”. Lalu menunjukkan dia lulusan darimana. Berbicara dengan bahasa yang terkesan “tinggi” padahal dia belum tentu mengerti juga. Ingatlah bahwa ada yang Maha Tahu. Dan penegetahuan setinggi apa pun yang kita punya tidak ada apa apanya sama sekali dengan pengetuhan yang dimiliki oleh Tuhan.

3. Bertambahnya Ketaatan Beribadah kepada Allah swt. Sehingga merasa ibadahnya yang paling benar kemudian dengan mudah menyalahkan ibadah orang-orang di sekelilingnya. Bukankah seharusnya semakin orang dekat dengan Tuhannya akan semakin dekat dan menghargai ciptaan Tuhan. Kalau orang lain berbeda dengan kita sebaiknya disampaikan dengan baik dengan bahasa yang santun. Orang yang Ibadah dengan Tuhannya tinggi seharusnya menjadi orang yang paling banayk membawa manfaat untuk orang lain.

4. Bertambahnya Pengorbanan untuk Agama,  sehingga merasa pengorbanannya yg paling banyak dan menganggap pengorbanan orang lain tidak apa-apanya. Ini biasanya terkait dengan sumbangan harta yang dia berikan. Dia merasa semakin banyak yang bisa dia sumbangkan menandakan semakin dekatlah dia kepada Tuhan. Padahal bukan itu semata. Ada ke – ikhlasan juga di dalamnya.

Outbound tidak mengajarkan tentang kesombongan. Darimana tahunya ? di dalam sesi debrief ada satu etika dimana kita menghormati pendapat orang lain. Walaupun pendapat itu mungkin berbeda dengan kita. Dan kalau ada orang yang sedang mengemukakan pendapat atau pandangannya maka kita wajib mendengarkan terlebih dahulu. Biar jelas. Apabila akhirnya pendapat kita berbeda dengan orang lain pun sebaiknya disampaikan dengan bahasa yang baik dan santun.

Ok. Semoga bermanfaat. Semoga kita semua selalu berbuat baik dan melakukan kebaikan. Mari kita tetap melaksanakan protokol kesehatan. Memakai masker. menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

Hatur nuhun.

Salam outbound