Jangan outbound

Jangan outbound

Judul tersebut maksudnya bukan berarti dilarang melakukan kegiatan outbound. Judul tersebut merupakan kalimat yang sebetulnya belum lengkap. Karena kegiatan outbound itu akan bisa berjalan dengan baik apabila syarat dan ketentuannya dipenuhi.

Outbound itu merupakan kegiatan untuk menghasilkan perubahan. Perubahan yang paling sederhana adalah perubahan mood. Muncullah kemudian kalimat “supaya lebih fresh”. “supaya senang dan gembira” dan kalimat yang lain yang membawa ke suatu “tempat” yang lebih baik.

Meningkat lagi menuju ke perubahan pengetahuan. Dalam arti yang luas ya. Dan itu menjadi unsur penting dalam memahami setiap kegiatan outbound ada sebuah “tabir” yang terbuka. Ada suatu loncatan dari tidak tahu menjadi tahu. Ada peserta jadi lebih tahu teman satu kantornya ketika mempertahankan pendapat. Ada peserta jadi lebih bisa memahami apa itu perbedaan pendapat dan bagaimana “seru” nya ketika menyelesaikannya. Ada peserta yang sadar akan apa itu yang dinamakan target. Yang selama ini mungkin itu hanya menjadi kosa kata semata saja.

Selain itu pasti masih banyak pengetahuan baru yang lainnya. Misalnya tentang bagaimana membuat simpul yang baik. Bagaimana mendayung yang tidak membuat tenaga terkuras banyak. Bagaimana mengatur nafas ketika jalan menanjak dan lai-lain.

Meningkat ke yang lebih tinggi lagi. Outbound itu bisa merubah kesadaran seseorang. Kesadaran ini muncul setelah seseorang tersebut seakan telah mendapatkan “sinar”. Atau sebuah pencerahan. Ini sifatnya sangat pribadi. Momentnya pun kadang tidak bisa tahu kapan tiba waktunya. Seringkali datang dengan tidak disangka-sangka. Tetapi begitu “peristiwa ” itu datang maka seseorang tersebut seakan seperti mendapatkan durian runtuh.

Efek dari mendapatkan “sinar” tersebut akhirnya akan terlihat dari perubahan perilakunya. Biasanya menggarah menjadi lebih baik. Dan orang yang sudah bisa mendapatkan ini sebetulnya adalah orang yang sudah mendapatkan “nilai” dari sebuah kegiatan outbound yang sebenarnya.

semoga bermanfaat. Mari kita terus mematuhi protokol kesehatan. tetap memakai masker . Menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. Berfikir terbuka dan gembira serta terus berkarya.

Salam outbound.