Belajar membuat Anda menjadi lebih muda

Belajar membuat Anda menjadi lebih muda

Seseorang yang berhenti belajar adalah orang lanjut usia, meskipun umurnya masih remaja. Seseorang yang tidak pernah berhenti belajar akan selamanya menjadi pemudaā€¯. ( Hendry Ford )

Kalimat diatas pastinya menarik. Kenapa ? karena selama ini kita tahunya kalau belajar membuat kita bukan menjadi lebih muda tetapi menjadi lebih pintar. Atau paling tidak menjadi lebih tahu. Tetapi kenapa Hendry Ford malah mengatakan menjadi lebih muda ya : )

Wah jadi ternyata obat awet muda itu ternyata mudah dan gampang ya ? cukup belajar dan belajar. Apakah itu benar ? saya sendiri belum dapat hasil penelitian dari manapun. Tetapi mungkin ada benarnya. dengan satu catatan kalau belajarnya itu dilakukan dengan senang dan penuh suka cita.

Lho kalau belajar dengan suka cita kan berarti outbound banget ya : ) Ya kalau model outboundnya rekreasional. masak sich ? sebetulnya tidak juga. Karena baik model outbound education, development dan terapeutik pun juga tetap mengedepankan belajar dengan suka cita. Kalaupun ada tantangan atau paling tidak problem solving sifatnya juga bukan “memaksa” seperti ospek. Harus selesai dikerjakan. Bukan itu outcome-nya. tetapi lebih mengamati apa yang terjadi dalam dinamika kelompok tersebut. Dan bagaimana “perilaku” masing-masing peserta.

Ya karena masyarakat luas sudah “terlanjur” menganggap yang dikatakan outbound hanya permainan saja jadi jadinya kalau belajar ala outbound itu jadi lebih menyenangkan. Jadi kalau orang mengikuti outbound sebetulnya juga dalam rangka untuk menjadi lebih muda : ) bukan begitu ?

Artikel ini saya tulis lebih untuk mengingatkan kita semua bahwa sebuah proses belajar baik dalam pendidikan formal maupun informal hendaklah dilakukan dengan suka cita dan gembira. Karena dengan kondisi belajar yang diciptakan seperti itu peserta ( atau peserta didik ) jadi lebih senang. Tidak terpaksa. Dan pikiran lebih terbuka dan lebih siap untuk menerima sesuatu yang baru.

Semoga tulisan pendek ini bermanfaat dan bisa membuat kita lebih bersemangat lagi dalam belajar. Ok semoga kita selalu diberikan kesehatan terbaik agar bisa terus berkarya. Oya mari kita ikutin protokol kesehatan selama pendemi ini. Memakai masker. Menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

Hatur nuhun. Salam outbound