Outbound di rumah sendiri

Outbound di rumah sendiri

Bisakah outbound di rumah sendiri ? apakah outbound harus dilakukan di luar rumah ? harus di lokasi wisata ? harus di sebuah resort yang nyaman ? atau kudu disebuah hotel yang punya taman dan lapangan yang asri ? atau mungkin outbound hanya bisa dilakukan disebuah kawasan wisata ?

Lha kalau outbound harus dilakukan di tempat-tempat tersebut mahal ya jadinya ? biaya transportasinya berapa ? biaya menginapnya berapa ? belum kalau ada acara makan-makannya …wah bisa lumayan itu biayanya. Jadi bagaimana dong ?

Ya itu salah satu “rentetan” yang membuat dari awal outbound adalah sebuah kegiatan yang “harus” dilakukan diluar ruangan. Ya sebetulnya bisa juga halaman sekolah atau kampus pun juga di luar ruangan dan lebih murah biayanya. Tetapi kalau harus dan kudu tempat -tempat tersebut repot kan jadinya. Jadi kembali ke laptop, kalau outbound apakah bisa dilaukan di rumah sendiri ? jawabannya adalah sangat bisa.

Outbound itu biar mudahnya syaratnya pertama ada aktivitasnya. Kalau tidur itu tidak termasuk ya : ) misalnya memasak. Berkebun. Beberes rumah. Jalan -jalan seputar komplek. Ngasih makan si pus atau binatang peliharaan kita dan masih banyak lagi.

Syarat keduanya aktivitas itu tidak hanya dilakukan begitu saja tetapi dimaknai. Bagaimana itu maksudnya memaknai ? paling gampangnya dengan membuka pikiran ( kiraan membuka pintu : ) ) jadi setiap kejadian di dalam aktivitas itu dicermati. Misalnya ketika masak. oh ternyata harus sabar karena kalau tidak makanan jadinya kurang enak. Ketika berkebun. Perhatikan perkembangan setiap tanamannnya. Ada yang tumbuh subur ada yang kurang subur. Kenapa itu bisa terjadi. Oh mungkin kurang disiram. kurang bagus tanahnya atau mungkin kurang dipupuk.

Nha itu semua nantinya bisa dihubungkan dengan kehidupan kita sendiri. Misalnya supaya karir atau bisis kita bagus maka harus rajin di berikan”pupuki”. Bentuk pupuknya pastinya berbeda dengan tanaman ya : ) misalnya harus nambah baca bukunya. Seseklai sharing dengan yang lebih berpengalaman dan lai-lain

Bagaimana bisa dipahami kan. Outbound itu sebetulnya esensinya cukup itu awalnya. Nha kalau mau yang lebih dalam atau lebih “jeru” lagi ya bisa dipelajari di buku-buku yang membahas tentang outbound atau pendidikan luar ruang atau juga baca buku dengan tema Experiantial Learning ( EL ).

Jadi sudah bisa mulai melakukan outbound di rumah : ) Semoga bermanfaat ya.

Ok jangan lupa tetap jaga protokol kesehatan. Memakai masker. Menjaga jarak dan mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Semoga kita sehat selalu dan selalu sehat sehingga bisa terus bisa berkarya.

Salam outbound.