Mulai

Mulai

Satu kata dalam judul diatas adalah untuk mengingatkan bahwa Mulai atau start adalah sebuah kata pembeda. Antara satu kondisi yang diam. Tidak bergerak. menjadi suatu yang sifatnya bergerak. Titik kritisnya adalah saat berada pada “menjelang” perpindahan kata tersebut.

Banyak diantara kita yang punya sebuah rencana hebat. Atau bahkan punya rencana yang bermacam-macam. Tetapi rencana itu tinggal rencana saja. Memang untuk membuat rencana dan mulai melakasanakan rencana itu berbeda. Entah apa yang membuat sebagaia kita “setia” dengan diam dan tidak bergerak dan enggan untuk memulai.

Saya hanya memastikan bahwa mulai itu mulia. atau paling tidak merupakan awal dari sebuah kemuliaan. Ada perubahan yang lebih memberikan sebuah harapan. Memang masih panjang dan perlu perjalanan apakah berhasil atau kurang berhasil tetapi dua kemungkinan tersebut masih lebih lumayan daripada diam. Karena kemungkinan diam adalah tidak berhasil.

Untuk memulai sesuatu yang baru kalau di dalam outbound ada satu hal menarik. Mungkin teman-teman pernah mendengar istilah ice breaking. Ice breaking sebetulnya semacam “trik” untuk menciptakan suasana agar siap untuk memulai sesuatu. Bisa kegiatan ataupun yang lain.

Teknik ice breaking di dalama outbound banyak sekali. Ada yang menggunakan lagu. Gerak dan lagu. Permainan tanpa alat. Bisa dilakukan secara berkelompok atapun berpasangan. Ice breaking sayangnya dipandang “sebelah mata”. Dianggap sebagai pelengkap penderita saja. Padahal kalau di dalam kegiatan outbound ice breaking-nya menarik maka itu seakan kita sudah membangun jembatan yang kokoh untuk melanjutkan “perjalanan” program atau kegiatan.

Ada baiknya selama pandemi ini kita mengadakan semacama “ice breaking” untuk diri kita sendiri dulu. Membanguh pikiran yang terbuka. Menikmati hal-hal yang menarik disekitar kita yang membuat kita bisa menjadi lebih bahagia. Pandemi memang seperti sebuah masa “jeda”. Jadi supaya tidak jenuh bisa kita melakukan semacam “ice breaking” lalu kita MULAI dengan rencana yang baru. Mulai berfikir. Mulai ngpbrol dengan teman,. Mulai mencari ide. Mulai menemukan ide. Mulai membicarakan ide dan mulai ……….

ok semoga bermanfaat artikel pendek ini. Semoga kita semua tetap sehat. Patuhi protokol kesehatan ya. Memakai masker. Manjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.

Salam outbound