simpEL

simpEL

Apa itu simpEL ? simpEL adalah sesuatu yang sederhana dan mudah dilakukan. Suatu aktivitas sederhana tetapi bermakna. SimpEL itu nggak ribet dan nggak banyak teori. simpEL itu ilmu lapangan atau street knowlegde. SimpEL itu tidak menggunakan bahasa yang tinnggi dan melangit seperti bahasa alien : ) simpEL itu menggunakan bahasa “manusia” biasa. Bahasa umum orang awam. simpEL adalah sebuah gerakan edukasi untuk meningkatkan literasi di kalangan fasilitator outbound dan “pecinta” Experiential Learning ( bacanya agak susah ya ,,,,,nggak pa pa ). SimpEL adalah sebuah ide baru saya untuk “menggairahkan” semangat belajar dan berbagi dengan sesama dalam sebuah “kemasan” ilmu Experiential Learning.

Saat ini mungkin kata outbound lebih dikenal dan lebih familiar dibandingkan dengan Experiatial Learning ( EL ) . Ya itulah kenyataan atau faktaya. Selama ini saya juga sudah banyak memberikan informasi dan sharing cerita tentang apa itu outbound. Bagaimana itu outbound. Ya anggap saja outbound itu sama saja dengan Experiential Learning . Biar mudah. Mereka satu kasta. Satu suku ibaratnya. Hanya beda nama dan penyebutannya.

Outbound itu seperti seorang anak yang lahir belakangan tetapi mendapatkan takdir lebih “terkenal” dibandingkan Experiential Learning. Outbound itu kesannya lokal sedangkan Experiential Learning itu kesannya internasional. Ya itu kesannya saja. Padahal “barangnya” sama saja.

SimpEL mungkin bisa jadi akan menjadi sebuah jembatan untuk memahami tentang apa itu Experiential Learning. Jembatan itu penting karena hal itu an memudahkan untuk “melintasinya” atau paling tidak bisa memperpendek jarak menuju ke suatu “tempat”.

Secara umum simpEL mungkin bisa menjadi sebuah alternatif baru untuk belajar tentang pengalaman yang kita lakukan. SimpEL terus terang saja sangat dipengaruhi oleh teori humanistic. Terutama dari seorang tokohnya Carl Sam Rogers. “belajar itu butuh desire atau gairah”. SimpEL memang konteknya adalah gairah belajar bukan gairah yang lain : ) misalnya gairah belanja atau yang lain. Maksud saya begitu : )

Saya berharap simpEL ini bisa menjadi sebuah gerakan yang bisa bermanfaat untuk orang banyak. Gerakan ini non partisan. Dengan moto “belajar itu menyenangkan dan nggak pakai ribet”. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memudahkan upaya untuk membantu sesama untuk hidup lebih baik. Amiin.

Semoga bermanfaat. Semoga kita semua tetap sehat dan terus semangat. Tetap ikuti protokol kesehatan. Memakai masker. Menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.

Salam outbound. Salam simpEL.