Outbound itu bukan adventure

Outbound itu bukan adventure

Lho kok bisa outbound bisa dikatakan bukan sebuah kegiatan adventure ? masak sich . He..he…jangan marah dulu. sabar ya. Ok sebelumnya saya tanya dulu apa sich definisi adventure itu ? hao tahu belum ? lha kalau belum ya jangan langsung nggak setuju dengan judul tulisan di atas.

Selama ini banyak yang beranggapan kalau adventure itu kegiatan di alam yang memacu adrenalin . Seperti panjat tebing. Naik gunung. Off road. apa lagi ? rafting, susur goa dll. ya itu ada benarnya. bahkan outbound pun juga bisa dikatakan sebagai kegiatan adventure asalkan memenuhi syaratnya. Lalu apa syarat sebuah kegiatan yang dikategorikan sebagai sebuah kegiatan atau aktivitas adventure ?

Ada 3 syaratnya . Yang pertama ada unsur ketidak pastian. unsur pertama ini akan memunculkan syarat ke dua yaitu adanya resiko. Dan dua unsur ini akan memunculkan syarat ke 3 yaitu adanya tantangan. Nha kalau minimal ketiga syarat tersebut dipenuhi maka aktivitas tersebut bisa atau layak dikatakan sebagai kegiatan adventure.

Jadi misalnya ada orang yang sudah pernah ikut kegiatan outbound selama 6 kali ( saya pernah punya peserta ikut outbound sebanyak itu lho : ) ) dan aktivitas atau programnya itu-itu saja. bagi dia maka kegiatan outbound tersebut bukan sebagai adventure. Paham sampai di sini ya : )

contoh lagi. Ada orang dari katakanlah desa pedalaman. Lalu dia di ajak ke kota sama temannya. Lalu dia masuk sebuah gedung yang ada lift nya untuk sampai ke lantai tertentu. Nha ketika pertama kali dia naik lift itu termasuk adventure nggak ? ada unsur ketidakpastiannya ? bagi dia iya mungkin. karena masuk di sebuah tempat yang baru. mau dibawa kemana ini saya : ). ada unsur resikonya tidak ? ada beberapa teman yang pertama kali naik lift merasa deg deg-an. Bahkan ada yang merasa pusing segala : ). lalu ada unsur tantangannya tidak ? karena baru pertama. ketika memutuskan untuk masuk ke lift atau tidak dia mikir dulu. Dan ini merupakan tantangan buat dia.

Contoh lagi. seorang anak yang pertama kali diminta orang tuanya untuk mengantarkan barang ke temannya yang belum pernah dia kenal. adventure tidak ? atau seorang jomblo yang baru pertama kali mau “nembak” calon beb beb nya . adventure tidak ? semoga teman-teman sudah bisa menjawabnya sendiri.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Ok semoga kita tetap selalu sehat dan semangat. Tetap ikuti protokol kesehatan. Memakai masker. Menjaga jarak dan mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Berfikir terbuka dan terus berkarya.

bagi teman teman yang ingin memperluas wawasan tentang outbound atau eksperiantial learning dengan cara mendengarkan seperti layaknya mendengarkan radio silakan dengarkan podcast mas fasil dengan cara download terlebih dahulu di spotify. Gratis

Salam outbound. salam simpEL