Outbound dan pemahaman

Outbound dan pemahaman

Pemahaman adalah fondasi dari sebuah kepatuhan ( Ade Rai )

Tahu atau mengetahui itu ada jarak dengan pemahaman . Dan pemahaman nantinya juga masih ada jarak dengan Action. Melakukan tindakan. tetapi pemahaman bisa mengantarkan seseorang kepada kepatuhan. Dan kepatuhan akan sebuah nilai akan membawa ke wilayah “pencerahan” Termasuk pemahaman akan outbound atau Experiantial Learning dalam hal ini.

Ada satu ungkapan dalam outbound yaitu no judgment. Ini ungkapan yang sangat esensial sekali. Apa yang kita lihat dan rasakan apabila ada orang lain mengatakan berbeda maka kita harus menghargainya. Kalau lalu dibawa ke ruang diskusi maka akan semakin “indah” dengan catatan diskusi dengan tanpa kebencian. Diskusi dengan pikiran terbuka. Dengan hal tersebut maka perbedaan akan menjadi sebuah rahmat.

Bisa dibayangkan kalau tidak ada kepatuhan. Maka akan terjadi “kekacauan”. Bayangkan saja kalau di perempatan jalan yang sudah dipasang Traffict light tetapi orang tidak patuh. maka akan terjadi kekacauan bahkan kecelakaan. Termasuk dalam hal ini kepathuna terhadap profesi. Apapun profesinya. Jadi penting sekali dalam hal ini untuk memahami sesuatu bukan hanya sekedar tahu saja.

semoga artikel pendek ini bermanfaat. Semoga kita selalu sehat dan terus berkarya. Mari kita selalu tetap patuhi protokol kesehatan. memakai masker. Menjaga jarak dan mencucui tangan dengan sabun.

Salam outbound. Salam simpEL ( semangat ingin mempelajari Experiantial Learning )