Pengalaman itu bukan dugaan

Pengalaman itu bukan dugaan

Di dalam kegiatan outbound setelah melakukan setiap aktivitas lalu sering dilakukan aktivitas debriefing. Peserta boleh menceritakan apa yang dia rasakan dan dilihatnya. Jadi pengalaman yang muncul itu memang benar apa adanya. Bukan sebagai dugaan belaka. Sehingga dari hal tersebut setiap peserta salah satunya juga belajar menyampaikan dengan jujur. Apa adanya. Sikap tersebut merupakan sikap yang penting karena apa yang disampaikan akan sangat bisa dipertanggung jawabkan.

Terkait dengan hali ini sebetulnya ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi penyebaran hoax atau berita palsu. Dimana di ere 4.0 begitu banyak berita seperti itu yang ada di sekitar kita. Kita harus bisa lebih berhati-hati dan bijaksana. Ada sebuah cerita yang menarik dari salah satu presiden Amerika Serikat. Abraham Lincoln terkait dengan hal di atas.

Suatu hari sang presiden didatangi oleh sekelompok orang untuk membahas berbagai hal yang telah menimbulkan permasalahan. Orang-orang tersebut sibuk mengemukakan argumentasi mereka. Namun sayangnya argumentasi itu tidak didasarkan pada fakta, melainkan hanya dugaan-dugaan.

Setelah mendengarkan mereka bicara , Sang presiden mengajukan pertanyaa, ” Berapa kaki yang dimiliki seekor kambing bila ekornya Anda sebut sebagai kaki juga ?” ” Lima.” jawab mereka serempak.

” Tidak,” kata Sang Presiden, ” tetap saja empat kaki. Menyebut ekor sebagai kaki bukan berarti membuat ekor itu benar-benar menjadi kaki”.

Semoga temen-teman bisa menangkap hikmah di balik cerita di atas. Semoga bermanfaat.

Semoga kita semua diberikan kesehatan dan terus semangat. Dan mari kita terus untuk menerapkan protokol kesehatan. Memakai masker. Menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.

Salam outbound. Salam simpEL ( Semangat ingin mempelajari Exsperiential Learning )