Diet turun berat badan

Diet turun berat badan

Kalau saat ini teman-teman melihat di linimasa maka salah satu topik yang menarik dan banyak dibahas adalah tentang deit untuk menurunkan berat badan. Kenapa berat badan sering dijadikan masalah ? mungkin banyak penyebabnya. Bisa terkait dengan penampilan, rasa percaya diri dan lain. lain. Tetapi yang pernah mengalaminya sebagian besar karena agak terganggunya masalah kesehatan.

Pengalaman untuk diet menuunkan berat badan saya coba lihat dari kacamata outbound ya. Ini berdasarkan pengalaman saya sendiri. Kalau di dalam outbound selain diawali dengan adanya fakta ( dan data ) juga dengan melihat aktivitas yang telah dilakukan. Setelah itu dilakukan refleksi. Melihat dan merasa apa yang telah terjadi. Selanjutnya apakah ada sesuatu yang bisa diambil kesimpulan untuk memperbaikinya kalau ada masalah. Kalau tidak ada masalah pertanyaannya apakah ada yang bisa ditingkatkan. Setelah itu menyusun rencana untuk mengeksekusinya. Begitulah kira-kira gambarannya.

Sudah beberapa tahun ( mungkin ) berat badan saya “berlebih”. Saya kebetulan kuat olah raga tetapi sekian waktu untuk menurunkannya terasa sangat sulit. Saya punya angka psikologis di 80 Kg. Sepertinya “mustahil” untuk bisa mencapai berat badan di angka tersebut. Itulah faktanya. Lalu akhir tahun 2020 saya mencoba mencermati kenapa bisa seperti itu. Saya mengumpulkan banyak informasi dan belajar. Terutama dari channel youtube. Salah satunya dari mas Ade Rai. Binaragawan Indonesia yang terkenal itu. ( terima kasih mas Ade Rai )

Saya mencermati pembahasanya suka karena penjelasannya lumayan terstruktur . Logikanya masuk dan menarik. Selain itu ada beberapa channel youtube yang lain yang saya lihat dan pelajari. Setelah itu saya mencoba konsisten untuk melakukannya. Alhamdulillah setelah satu bulan melakukannya angka 80 itu akhirnya “tersentuh” juga. Saya bisa turun berat badan dari 84 menjadi 80 Kg. Dan saat ini alhamdulillah sudah bisa turun lagi di angka 79 Kg.

Target saya sebetulnya di 80 Kg. Sudah tercapai. tetapi kemudian saya membuat target ke 2 yaitu bisa menyentuh angka 75 Kg : ). lalu apa saja yang saya lakukan ? diet apa ? apakah menyiksa atau tidak dietnya ?

Kembali ilmu outbound saya terapkan. Saya melakukan diet ( setelah belajar tadi ) dengan melakukan 3 hal.

  1. Yang paling gampag dulu adalah mengatur waktu istirahat atau tidur. Biasanya saya tidur jam 23.00 bahkan terkadang hingga jam 01.00. dan itu hanya menghabiskan waktu untuk nonton acara di TV kabel. Dan bangunnya seringkali jam 05.30 bahkan kadang hingga jam 06.00. Selalu ketinggalan sholat subuh. Saya rubah untuk tidur awalnya jam 21,30. kemudian jam 21.00. dan terkadang jam 20.30 sudah tidur. Bangun jam berapa ? saya alhamdulillah bisa bangun jam 04.00. Jadi tidak ketinggaan subuh bahkan bisa sholat subuh berjamaah di masjid.
  2. Olah raga. ini bagi saya tidak sulit. Karena sudah biasa. Cuma ada targetnya. Untuk waktu seminggu yang dulu tidak tentu saat ini harinya tertentu. Yaitu hari selasa dan Jumat. Lalu dengan berjalannya waktu ditambah hari minggu. Sabtu kebetulan saya dari dulu rutin yoga dengan teman-teman jadi masih lanjut. Kemudian target olah raga. Misal dulu hanya kuat satu putaran lalu saya tambah 2 putaran komplek atau lapangan olah raga. Kemudian waktu yang dulu satu putaran butuh 30 menit saya turunkan perlahan menjadi 20 menit secara bertahap.
  3. Nha ini yang terkait dengan yang paling menantang. Yaitu mengatur jam makan. Dari Mas Ade Rai saya belajar untuk membuat semacam jendela makan. Saya berhenti makan jam 20.00 dan sarapan lagi mulai saya usahakan jam 08.00. Kadang jam 09.00. telat-telat dikit. Lumayan sudah mulai “puasa” selama 12 jam. Lalu apa saja yang dimakan ? saya mengurangi makan nasi ( carbo ). sehari dari 3 kali menjadi hanya satu kali. Untuk penganti carbo saya ganti singkong. Kebetulan ada singkong yang enak dan mudah di dapat dari tetangga. Kemudian meningkatkan makan protein. kebetulan suka telur jadi sehari kadang makan 2 sd 3 telur rembus.. Sesekali masih “bandel” pengen gorengan misalnya. tetatpi sesekali saja kok : )

Masih ada yang dilakukan yang lain ? oh masih. Dan bagaimana pengaruh dengan tubuh saya ? ok saya tulis di artikel selanjutnya ya : )

Ok. semoga bermanfaat. Semoga kita semua sehat dan semakin sehat. Tetap ikuti protokol kesehatan. Memakai masker. menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun. Semoga kita semua AMAN. IMUN kita meningkat dan Iman kita juga semakin bertambah.

Salam outbound. Salam simpEL