Podcast Mas Fasil

Podcast Mas Fasil

Awalnya saya dapat kiriman podcast dari salah seorang teman di Bali yang berisi materi seputar dunia outbound. lalu saya tanya ke putri saya ini apa nak ? “podcast yah” jawab putri saya. Apa itu podcast ? lalu putri saya menerangkannya dengan singkat. Itu seperti kita mendengarkan seseorang berbicara seperti layanya seorang penyiar radio. Gambaran singkat tersebut saya sudah bisa meneerti.

Lalu saya ingin tahu lebih dalam bagaimana caranya punya podcast ? apakah gratis atau berbayar ? kemudian putri saya menerangkan ada yang gratis dan ada yang berbayar. Lalu langsung praktek untuk membuatnya. Dan hari itu juga saya sudah punya podcast. ” wah hari ini jadi merasa punya station radio sendiri” kataku dalam hati sambil senyam-senyum.

Podcast harus diberi nama . Saya sempat binggung mau kasih nama apa ya ? lalu terfikirlah nama tokoh rekaan selama ini yang sudah saya buat . Mas Fasil. Tokoh ini adalah memang saya buat dengan “tugas utamanya” memberikan edukasi kepada masyarakat luat seputar dunia outbound. Sebelumnya saya sudah membuat salah satu “produk” nya berupa qoute mas fasil dan stiker tentang qoute mas fasil tersebut. Dengan adanya podcast maka bertambah satu lagi “senjata” untuk edukasi dari mas fasil ini.

Alhamdulillah per hari ini podcast mas fasil sudah masuk 67 episode. Isinya bermacam-macam. Mulai yang kental sekali “rasa outbound” nya. Ada juga tetang pengalaman pribadi langsung. Ada juga sesekali saya selipi dengan cerita-cerita inspiratif. Sudah ada hampir 800 pendengar podcast mas fsil tersebut.

Bagaimana proses pembuatannya ? susah atau mudah ? awalnya karena belum terbiasa jadi agak grogi : ) walaupun tidak ada orang yang lihat. Lama kelamaan jadi bisa tahu oh seharusya begini dan begitu. Diaturnya seperti ini lebih bagus . Dan sebagainya. Hingga saat ini sudah tidak terlalu masalah. Tetapi masalah timbul ketika harus mencari apa topik terbaru yang harus di buat. Kadang ide itu tidak ada. tetapi kadang tiba-tiba ide itu muncul begitu saja.

Bagi teman-teman yang belum pernah mendengarnya, mangga silakan download dulu aplikasi spotify. Cari yang gratis dulu saja. lalu tinggal dicari mas fasil. Lalu dengarkan. simpel kan. Silakan tinggal dipilih mau mendengarkan episode yang mana. Yang outbound banget ada. yang cerita inspiratif pun juga ada.

Oya satau lagi. Karena saya dulu selama beberapa pathun juga pernah menjadi narasumber tetap di radio RRI Bogor sehingga ketika berbicara di podcast jadi semacam ada rasa “kembali” mengingat pengalaman siaran di radio tersebut. Tentang suara ya apa adanya. alhamdulillah banyak yang suka : )

Saat ini teknologi sudah sangat banyak membantu manusia. Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya dengan baik. Salah satunya podcast ini. Setiap orang bisa memanfaatkannya. Mudah dan pastinya murah. bahkan untuk download aplikasinya gratis. Saya juga sangat bersyukur jadi bisa berbagi ide baik tentang seputar dunia outbound ataupun yang lainnya.

Semioga artikel ini bermanfaat. Mengingatkan kembali mari kita tetap menerapkan protokol kesehatan. memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai air yang mengalir. semoga kita semua selalu sehat dan bisa terus berkarya.

salam outbound. salam simpEL