3 sikap terbaik fasilitator outbound menghadapi pandemi

3 sikap terbaik fasilitator outbound menghadapi pandemi

Pandemi sepertinya mengentikan kegiatan outbound. Hampir satu tahun ini temen-temen fasilitator outbound “menganggur”. Biasanya hari Sabtu dan Minggu mereka bersuka cita. Menyambut kedatangan peserta outbound. Memberikan ice breaking yang seru. Berdinamika dengan berbagi kreativitas. Tetapi selama pandemi itu semua sepertinya harus berhenti.

Di awal pandemi mungkin banyak yang berfikir ini tidak lama. paling lama 3 bulan. tetapi ternyata pandemi sudah lewat satu tahun. Sudah mau masuk ramadhan ke 2. Ada yang masih bertahan. Tetapi ada juga yang sudah satu per satu “bertumbangan”. Bagaimana sebaiknya sikap seorang fasilitator outbound dalam menghadapi pandemi ini ?

Ada 3 sikap yang mungkin akan lebih baik bila dilakukan oleh seorang fasiliator outbound di masa pandemi ini. Aapa saja ke 3 sikap tersebut :

  1. Tetap menjaga harapan dan keyakinan. Sikap ini penting paling tidak untuk masih memiliki semangat. Sikap ini tentunya tidak hanya dilakukan dengan diam ditempat saja . Atau istilahnya hanya dengan rebahan saja. Tidak pastinya. Menjaga harapan dan keyakinan caranya adalah tetap terhubung dan mengikuti perkembangan informasi tentang teman-teman provider dan fasilitator outbound yang lain. Hal inji penting karena masih merasa adanya rasa kebersamaan diantara teman-teman satu profesi..
  2. Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Sepertinya hal ini tidak berkaitan langsung dengan aktivitas outbound ya ? ya betul . tetapi dengan tetap dimilkinya kesehatan yang prima maka jiwa dan raga pun juga akan “prima”. Berfikirnya juga lebih sehat. Tidak mudah terpengaruh oleh berita -berita negatif yang bisa melemahkan semangat. Buat jadwal olah raga fisik maupun jiwa. Misalnya satu minggu 2 atau 3 kali berolahraga.. Lalu juga diselingi dengan melakukan refleksi diri. baik dengan melalui ibadah maupun dengan semacam melakukan senam pernafasan.
  3. Aktif dan dinamis. Maksud dari tips ke tiga ini adalah dalam mencari informasi. Ada beberapa teman yang mencari informasi untuk mulai buka usaha. Ada juga yang menekuni hobby baru yang bisa menghasilkan keuntungan. Ada juga yang melakukan kegiatan outbound secara virtual. Dan masih banyak lagi. Jadi jangan pasif dan berdiam diri. kalau istilah saya jangan berdiri atau duduk di pojokan kamar saja.

Berita baik saat ini angka orang yang terkena covid juga secara perlahan mulai berkurang. Kemudian pemberian vaksin juga sudah dilakukan untuk beberapa kalangan tertentu. Jadi harapan itu sepertinya kembali ada dan semoga pandemi segera berlalu.

Semoga artikel ini bermanfaat. Silakan teman-teman luangkan sebagian waktu untuk membagi kan artikel ini kepada teman-teman provider dan fasilitator outbound agar mereka juga bisa mendapatkan manfaat dari artikel ini.

Mari kita tetap terapkan protokol kesehatan. memakai masker. menjaga jarak dan mencuci tangan pakai air yang mengalir.

Salam outbound. salam simpEL