3 sikap ketika kita di-ghosting

3 sikap ketika kita di-ghosting

Apa itu arti di-ghosting ? kalau ghost itu artinya hantu. jadi kalau di-ghosting itu apa berarti artinya dihantui ? atau kalau bahasa jawanya di weden-wedeni atau ditakut-takuti sehingga orang yang di-ghosting itu merasa ketakutan. Apa itu artinya ya ?

Ternyata bukan. Tetapi mirip atau nyrempet dikit : ). ghosting adalah istilah dalam bahasa Inggris yang artinya berbayang. Tetapi dalam media sosial yang sedang viral sekarang artinya bukan itu. Kalau saya kutip dari kontan.co.id arti dari ghosting adalah perilaku menjauh atau tiba-tiba menghilang dari kehidupan seseorang tanpa mengirimkan khabar.

Misalnya kamu punya teman dekat . Hampir setiap hari ketemu, Selain itu setiap waktu juga sering ngobrol, curhat lewat media sosial. Lalu tiba-tiba dia jarang ketemu. Di kirimin wa yang biasanya dijawab agak panjang jadi jawabannya pendek-pendek saja seperti ” ya” atau ” tidak” atau “tidak tahu” atau hanya sekedar ” ok” atau mungkin hanya berupa satu emoticon saja. Seiring dengan berjalnnya waktu jawaban itu tidak ada lagi.

Nha gimana semoga penjelasan singkat tersebut bisa membantu menjelasan artin di-ghosting ya ? jangan -jangan kamu pernah mengalaminya ? baik sebagai orang yang terkena ghosting atau kamu sendiri yang meng-ghosting seseorang. bagaimana rasanya ?

Nha selama pandemi ini sebetulnya kita semua sedang “dipaksa” untuk melakukan “ghosting”. Paling tidak dari anjuran jaga jarak itu juga ada makna tersebut. Tetapi kalau salah satu protokol kesehatan itu punya maksud baik. Agar kita tetap sehat atau meminimalkan penyebaran covid-19 tersebut.

Di dunia outbound. Teman-teman fasilitator dan provider outbound saat ini sepertinya sedang “di -ghosting” oleh para klien yang biasa melakukan outbound. Ada yang sebelum pandemi sudah kontrak tetapi harus mundur hingga waktu yang tidak ditentukan. Ada yang sudah melakukan outbound ternyata pembayarannya juga “di-ghosting” entah sampai kapan. Ada yang biasa Sabtu Minggu ada di tengah-tengah peserta outbound eh selama pandemi hanya berada d tengah-tengah keluarga saja.

Bagaimana sebaiknya sikap kita kalau mendapatkan perlakuan ghosting tersebut ? mungkin ada beberapa yang bisa kita lakukan

  1. Jangan bertindak reaktif. Bertindaklah responsif. Kalau anda bertindak reaktif artinya anda langsung emosi. Marah. Membuat status yang berlebihan dan menyebarkannya. Itu nantinya malah merugikan diri sendiri. Sebaiknya bertindaklah responsif. Cari tahu dulu kenapa hal itu bisa terjadi. Cari informasi. Setelah itu baru bertindak. Tetapi jangan berlebihan.
  2. Saat tepat untuk melakukan instrospeksi diri. Kenapa ya kok ada orang atau sesuatu yang meng-ghosting saya ? mungkin ada yang salah dari saya. Mungkin pernah membuat status yang menyinggung orang lain. Mungkin ada janji yang belum ditepati. Mungkin ada sesuatu yang membuat orang jadi tersinggung. Jadi lihat ke dalam diri sendiri dulu. Jangan langsung menyalahkan orang lain.
  3. Ambil hikmahnya. Setelah mengetahui penyebabnya sebaiknya kalau ada pihak yang merasa tersinggung ya kita minta maaf. tetapi kalau tidak ada ya santai saja sambil berusaha untuk mengambil hikmah dari peristiwa tersebut. Ambil pelajarannya dan nanti bisa dijadikan semacam “refernsi ” . kedepannya. Misalnya saja nanti kalau sudah pandemi berlalu kita lebih banyak bersyukur. Lebih peduli dengan kesehatan dan lebih rajin menabung. Dan masih banya lagi himah yang bisa kita ambil

Ada orang atau sesuatu yang sepertinya sewaktu-waktu bisa meng-ghosting kita. Salah satunya untuk temen-teman di dunia outbound sepertinya kegiatan outbound sedang melakukan ghosting. Tetapi penyebab utamanya kan karena covid-19. Dan yang di ghosting pun bukan hanya outbound saja tetapi hampir semua lini kehidupan.

Sebagian besar kita saat ini sebetulnya sedang merasakan bagaimana “seru” nya di gohosting itu. Seluruh dunia pun merasakan hal yang sama. Semoga kita bisa mensikapinya dengan bijaksana.

Semoga artikel ini bermanfaat. Kalau ada yang menarik dari artikel ini dan teman-teman ada sedikit waktu untuk menyebarkannya ke temen-temen yang lain saya ucapkan terima kasih.

Salam outbound. salam simpEL