KLB

KLB

KLB itu apa ya ? silakan kepanjangannya bisa dibuat sendiri-sendiri. Bebas. Seorang teman yang sering berorganisasi KLB itu ( mungkin ) kepanjangan dari Konggres Luar Biasa. Sementara teman yang suka makan KLB itu kepanjangan dari Kuliner Luar Biasa. Dua hal ini saja sudah membuat KLB mempunyai arti yang berbeda. Yang satu urusan kelangsungan sebuah organisasi sedangkan yang satunya urusan kelangsuangan selera makan.

Sebetulnya kalau bicara KLB pastinya banyak hal yang bisa menjadi bahasan yang menarik disana. Karena ada kata LUAR BIASA. jadi KLB itu merupakan kata yang bukan biasa-biasa saja. Kata yang apabila ditambahkan dengan kata tersebut akan berubah total. Dari yang tidak dikenal menjadi viral. Dari yang tersembunyi menjadi sangat jelas. Dari yang awalnya kelas bawah menjadi “kelas atas”.

Di dalam dunia outbound KLB itu sudah lama dikenal dan sudah sangat akrab di telingga. Coba tanya semua orang yang mengaku menjadi fasilitator outbound pasti sudah sangat familiar dengan KLB tersebut. Lha bagaimana tidak familiar kalau hampir setiap kegiatan outbound selalu menggunakan KLB itu. Mereka sangat fasih mengatakannya. Dalam kondisi senang atau pada saat kondisi tertekan.

KLB itu apa sich yang dimaksud kalau di dunia outbound itu ? KLB itu Kata Luar Biasa. Sebentar -bentar kata luar biasa itu selalu muncul. Bahkan salah satu ( sepertinya ) yel-yel wajib setiap kegiatan outbund memakai kata tersebut. Kalau ada pertanyaa ” apa khabar ?” maka teman -teman fasilitator seringkali akan mengatakan ” jawabannya jangan baik….tetapi dijawab dengan Luar biasa” . Bahkan ada yang minta menjawabnya tidak sekali tetapi hingga 3 kali. Luar biasa bukan ?

Lalu baru diikuti dengan penjelasan mulai dari yang standard hingga yang filosofis. Kenapa kok harus luar biasa ? ya karena bapak dan ibu semua peserta outbound ini memang orang yang luar biasa , ” betul atau benar ?” . Itu trik luar biasanya : ) Ada juga yang mengatakan” supaya apa yang kita pikirkan, apa yang kita katakan dan apa yang kita lakukan menjadi sesuatu yang luar biasa. Penjelasan yang lainnya masih banyak lagi.

Tetapi saat pandemi ini komunitas outbound, para penggiat Experiantial Learning, para fasilitator outbound dan provider outbound sebetulnya juga sedang KLB bet. Mereka saat ini merasa KLB adalah menjadi sesuatu yang paling dirasakan. Ada bahkan yang menjadi kurang tidur. bahkan ada yang hingga terbawa mimpi KLB tersebut. Pandemi membuat para penggiat outbound merasa KLB tingkat dewa. Bisa dibayangkan kan ? Tapi memang hal itu biasa sering terjadi. Kepada siapa saja yang sudah lama tidak bertemu. Atau sudah lama tidak melakukan aktivitas itu.

KLB bagi temen-temen outbound itu kepanjangnnya apa ya ? KLB yang saya maksudkan disini adalah kepanjangan dari Kangen Luar Biasa. Kangen dengan apa ? ya dengan kembali bisa melakukan outing, gathering, training, capacity building dan semua istilah yang biasa disandingkan dengan kata outbound. Kangen luar biasa untuk bisa memimpin yel-yel. Memandu dengan gembira ice breaking. Memberikan brief dan debriefing. hingga kangen luar biasa untuk bisa memimpin keseruan final game.

Sebetulnya semua orang saat pandemi ini juga sedang KLB semua. Kangen luar biasa untuk bisa melakukan kembali kegiatan seperti sebelum pandemi. Tapi ya sudahlah semua pasti ada hikmahnya. Tetaplah selalu menjaga KLB atau Kangen Luar Biasa tersebut agar kita bisa terus semangat dan bisa menjaga harapan yang lebih baik di masa depan.

Selamat menikmati KLB. Menikmati perasaan Kangen Luar Biasa untuk kembali berdiri di tengah lingkaran. tersenyum, tertawa dan bergembira dengan peserta sambil meneriakkan satu pertanyaan “epic” ” Apa Khabar ?”

Semoga artikel pendek ini bermanfaat. Silakan bagi teman -teman yang punya waktu untuk bisa membagikan link dari artikel ini kepada teman-teman yang lain agar mereka juga bisa mendapatkan manfaat yang sama atau paling tidak bisa terinspirasi.

Terima kasih. Salam outbound. Salam simpEL