Pengumuman SNMPTN

Pengumuman SNMPTN

SNMPTN itu kepanjangannya apa ya ? kok sinkatannya panjang banget. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Kemaren tanggal 22 Maret 2021 diumumkan. Saya ucapkan selamat kepada adik-adik yang diterima SNMPTN. Semoga “tiket” tersebut menjadikan awal yang baik untuk melanjutkan belajar. Meraih cita-cita. Bagi adik-adik yang belum diterima saya ucapkan tetap semangat. Ini bukan akhir segalanya. masih ada kesempatan dengan jalur lain untuk bisa melanjutan perguruan tinggi.

Yang diterima SNMPTN pastinya senang dan gembira. Dan hal tersebut juga pasti dirasakan oleh para orang tua. Kebanggan tersendiri bagi orang tua ketika putra-putrinya bisa diterima lewat jalur SNMPTN. Bagi orang tua yang putra-putrinya belum diterima mungkin ada yang sedih. sedih yang dirasakan tidak mengapa. Tetapi jangan berlebihan. Doakan kembali agar putra-putrinya bisa tetap semangat untuk bisa melanjutkan belajarnya lewat jalur yang lain. Semua pasti ada hikmah terbaiknya.

Dulu saya alhamdulillah juga pernah merasakan masuk perguruan tinggi lewat jalur undangan tersebut. Waktu itu istilahnya PMDK. Setengah tidak percaya bisa diterima di perguruan tinggi negeri lewat jalur PMDK. Saya melihat dan merasakan senang dan orang tua saya juga merasa bangga. Dulu mungkin berita tentang diterima seseorang lewat jalur undangan tersebut tidak diterima lewat media sosial tetapi ditempelkan di papan pengumuman di sekolah masing-masing.

Lalu satu per satu berita itu sampai di telingga teman dan sahabat. Begitu juga teman-teman orang tua mulai mendengar berita tersebut. Ada orang tua yang bangga mendengar berita itu. Tetapi tidak sedikit yang merasa binggung. Bagaimana mencari biayanya. Terutama bagi anaknya yang diterima di PTN yang jauh. Bagaimana mencari uang untuk biaya perjalanan dan hidup diperantauan. Kalau biaya kuliahnya di PTN waktu itu tidak terlalu mahal tetapi biaya perjalanan menuju PTN dan mulai hidup diperantauan itu yang berat.

Bagaimanapun sebuah pengumuman penerimaan mahasiswa baru lewat jalur undangan setiap tahun adalah merupakan berita yang ditunggu-tunggu. Baik oleh anak maupun orang tua. Berita diterima atau tidak diterima akan disikapi dengan berbagai cara. baik yang diterima SNMPTN maupun yang tidak. Menarik ternyata sebuah berita bisa membuat seseorang menjadi “berubah” . Bisa menjadi lebih dekat pada Tuhannya. Mungkin juga menjadi “lebih jauh” pada Tuhannya. Bisa membuat seseorang bersemangat dan seperti “terlahir kembali” tetapi bisa juga bisa tiba-tiba merasa “hancur berkeping-keping”

Jangan berlebihan pada saat tertawa atau pada saat menangis. Bersuka cita sewajarnya dan bersedih jangan terlalu lama. SNMPTN ada yang mengira itu adalah jaminan masa depan yang segala-galanya. Tetapi saya yakinkan itu bukan satu – satunya. Masih banyak jalan untuk meraih masa depan. Yang terpenting adalah tetap semangat. Belajar terus dan terus belajar. Melakukan aktivitas yang bisa memperkaya pengalaman dan kehidupan.

Hidup kadang ada yang merasa tidak adil . ketika tidak masuk jalur SNMPTN ada yang mengira hidup seperti itu. Hidup itu bukan hanya tentang satu hal tetapi tentang banyak hal. kesempatan itu bukan hanya sekali tetapi seringkali kita diberikan lebih dari sekali. Selama kita masih punya semangat dan kesungguhan maka kesempatan itu akan selalu dengan senang hati memberikan “pintu” buat kita.

Semoga artikel ini bermanfaat. Semoga kita tetap berusaha untuk melanjutkan hidup dan kehidupan ini lebih baik dan semakin baik.

Salam outbound. salam simpEL